FlashPaper: Convert Office ke SWF

tersebutlah sebuah software bernama FlashPaper. Wow, ini tool yang sangat bermanfaat bagi para Flasher. Dia berguna untuk mengkonversi dokumen Office (seperti Word, Excel, atau PowerPoint) menjadi sebuah SWF tersendiri.

Tentunya banyak keuntungan yang kita dapat dengan mengkonversi dokumen berupa office menjadi sebuah file SWF. Salah satunya yaitu kita dapat mengembed dokumen dalam Flash yang akan didistribusikan kepada user, sehingga tanpa user perlu Office dan tanpa user perlu meninggalkan interface kita, mereka bisa browse bebas di dalamnya. Begitu pula jika lewat web, user tidak perlu meninggalkan halaman web di browsernya hanya untuk melihat dokumen (so.. gak perlu save as kan). Selain itu, (katanya) umumnya file berupa SWF akan lebih kecil filesizenya dibanding dokumen aslinya..

Cara convert dokumennya terbilang mudah, setidaknya ada 3 cara:

1) bisa langsung dari windows explorer, klik kanan dokumennya, pilih convert to SWF

klik.jpg

2) kalau dari Microsoft Office 2007 klik menu add-ins di atas, pilih convert to SWF. Kalau Office 2003 ke bawah mungkin ada menunya sendiri.. ga tau juga, secara saya pake office 2007 P

klik2007.jpg

3) atau dari program FlashPapernya. langsung klik start menu pilih program pilih FlashPaper.

menu.jpg

Oh ya, selain SWF, software ini juga bisa convert dokumen office ke PDF.. ;) Adapun nanti tampilan hasil convertnya mirip seperti layaknya software pembaca file PDF hanya saja ini terintegrasi dalam sebuah file SWF. biar gak disangka hoax, ini saya sertakan skrinsutnya:
conto.jpg

Kalau Anda nggak suka bajakan, Download versi ‘trial 30 hari’nya disini (tapi musti register dulu). versi Fullnya bisa didapatkan dengan harga lumayan mahal lah untuk mahasiswa seperti saya.. tapi mungkin sangat murah untuk perusahaan desain web atau multimedia.

Terakhir, sebenarnya saya mau coba mengintegrasikan hasil SWF-nya ke file Flash lain yang jadi file utama-nya.. nanti Insya Allah saya update lagi deh artikel ini kalau udah nyoba D . Tapi di petunjuk manualnya dikasih tau koq cara masukin si SWF Flashpaper ini di Flashnya. Caranya mah sama aja meureun? Kaya ngeload SWF biasa. Ya.. silakan coba sendiri dulu hehe..

ini nih manualnya:

Using FlashPaper with Macromedia Flash
You can insert a FlashPaper SWF file into a Flash FLA file. When you export the FLA file to SWF format, the FlashPaper SWF file is embedded as part of the exported Flash SWF file. The following code shows how to load a FlashPaper SWF file in a regular FLA file using the loadFlashPaper() function:

  1. function loadFlashPaper(
  2. path_s, // path of SWF to load
  3. dest_mc, // MC which we should replace with the SWF
  4. width_i, // new size of the dest MC
  5. height_i, // new size of the dest MC
  6. loaded_o) // optional: object to be notified that loading is complete
  7. {
  8. var intervalID = 0;
  9. var loadFunc = function()
  10. {
  11. dest_mc._visible = false;
  12. var fp = dest_mc.getIFlashPaper();
  13. if (!fp)
  14. return;
  15. if (fp.setSize(width_i, height_i) == false)
  16. return;
  17. dest_mc._visible = true;
  18. clearInterval(intervalID);
  19. loaded_o.onLoaded(fp);
  20. }
  21. intervalID = setInterval(loadFunc, 100);
  22. dest_mc.loadMovie(path_s);
  23. }
function loadFlashPaper(
   path_s, // path of SWF to load
   dest_mc, // MC which we should replace with the SWF
   width_i, // new size of the dest MC
   height_i, // new size of the dest MC
   loaded_o) // optional: object to be notified that loading is complete
{
   var intervalID = 0;
   var loadFunc = function()
   {
      dest_mc._visible = false;
      var fp = dest_mc.getIFlashPaper();
      if (!fp)
         return;
      if (fp.setSize(width_i, height_i) == false)
         return;
      dest_mc._visible = true;
      clearInterval(intervalID);
      loaded_o.onLoaded(fp);
   }
   intervalID = setInterval(loadFunc, 100);
   dest_mc.loadMovie(path_s);
}


Using FlashPaper with Macromedia Flash 23
The following code shows how you can use the loadFlashPaper() function after you’ve embedded a FlashPaper SWF file:

function onLoaded(fp)
{
   // loading is complete, so we can now adjust the current page, zoom, etc.
   // go to page 50.
   fp.setCurrentPage(50);
   // change magnification to 33%
   fp.setCurrentZoom(33);
}
loadFlashPaper("FlashPaper.swf", theDocMC, theDocMC._width, theDocMC._height, this);

The fp.setCurrentPage value has been set to 50 and the fp.setCurrentZoom value has been det to 33. When the FLA file is exported, page 50 of the embedded FlashPaper SWF file appears inside the exported SWF file with a magnification of 33 percent..

Sumber: http://faisalman.wordpress.com/2008/02/15/flashpaper-convert-office-ke-swf/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: